[Tugas Kelompok KSI] : SALES ENGINEERING

Anggota Kelompok :

  • Dira Mesrizha (0903015041)
  • Eka Setiawati (0903015045)
  • Fithrianti Suci R (0903015057)
  • Setyo Lestari (0903015121)
  • Ayu Widiyanti (0903015147)
  • Nur Maulidyah (0903015102)

 

SALES ENGINEERING

 

  • Pengertian Sales Engineering

Sales engineer sebenarnya merupakan bagian dari sales team. Kerjaan sales engineer ya jualan. Tapi lebih ditekankan pada sisi teknikal nya. Sales engineer biasanya ada pada perusahaan yang berhubungan dengan IT, baik hardware, software, maupun solusi.

Dapat diartikan dengan penjual barang barang teknik, bisa termasuk produk Automotion System, Electrical Engineering, dan macam macam.

Tidak seperti dengan sales yang ada disekitar kita, Sales Engineer lebih fokus pada suatu produk dengan penerapan strategi penjualan ke user (perusahaan), sedangkan sales biasa lebih bersifat penjualan ke mass customer.

Sales Engineer bekerja menawarkan produk dari satu perusahaan ke perusahaan lain, biasanya mereka bertemu dengan User. User disini adalah para Senior Engineer, Project Engineer, Istrument Engineer, Engineering Manager. terkadang juga bisa bertemu dengan bagian Procurement dan Purchasing di perusahaan tersebut.

Disinilah letak keahlian dalam komunikasi sebagai seorang Sales Engineer di asah, kehebatan dalam strategi “influence” dan keahlian dalam pengenalan produk yang dia tawarkan.

Seorang sales engineer biasanya masuk setelah bagian lain dari tim sales mem-follow up “lead” sebuah project. Sales engineer biasanya bertanggung jawab terhadap hal berikut :

  1. Bertugas untuk memberikan solusi terhadap masalah atau kebutuhan customer secara teknikal.
  2. Mempresentasikan produk atau solusi sesuai kebutuhan customer.
  3. Menjawab RFP (Request For Proposal) apakah comply antara kebutuhan customer dengan produk yang dimiliki.
  4. Mendrive customer untuk menggunakan produk yang dimiliki, bahkan bila kebutuhan belum terpikirkan oleh customer (JUALAN!

Sales engineer adalah  gabungan pengetahuan teknis dan kemampuan menjual. Job desc sales engineer ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Mencari klien yang memungkinkan untuk memberi keuntungan bagi perusahaan.
  2. Travelling mengunjungi klien yang potensial.
  3.  Mengembangkan dan menumbuhkan hubungan jangka panjang dengan costumer.
  4. Menerjemahkan kebutuhan costumer kemudian menjabarkan keinginan mereka.
  5. Mengajak klien untuk mengunakan produk.
  6. Menghitung kemampuan/harga klien.
  7. Negosiasi dan closing sales dengan persetujuan/contrak.
  8. Menawarkan jasa service setelah penjualan/ purna jual sevice..
  9. Analisis harga dan penjualan.
  10. Mempersiapkan laporan untuk head office.
  11. Menghadiri rapat target penjualan.
  12. Mengkoordinasikan proyek penjualan.
  13. Solving masalah klien.
  14. Membantu mendesain produk.
  15. membuat presentasi teknis dan demo produk sesuai kebutuhan klien.
  16. Menghadiri seminar dan pertunjukan produk produk terbaru untuk
  17. mengetahui trend produk.

 

  • Cara Kerja Sales Engineering

Seorang sales engineer tidak seperti kebanyakan sales, sales engineer tidak mengunjungi semua klien. Mereka biasanya dibawa setelah klien benar-benar berpotensi deal dengan perusahaan. Tugas mereka adalah mendengarkan kebutuhan klien yang berpotensi ini, berusaha menjelaskan bagaimana produk mereka bisa sesuai dengan kebutuhan klien. Kemudian juga mendemonstrasikan detail teknis produk dan bagaimana produk tersebut lebih unggul dibanding competitor.

Kebanyakan sales engineer menghabiskan banyak waktu dengan travelling. Komisi dan bonus mereka tergantung seberapa banyak waktu yang mereka habiskan dengan dengan cosstumer. Sales engineer harus seorang yang friendly dan antusias tentang pekerjaannya dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai tipe costumer.

 

  • Aktivitas Engginering
  • Riset adalah aktivitas yang betujuan mencari pengetahuan baru atau menemukan pemahaman baru yang lebih baik mengenai fakta-fakta yang telah diketahui.
  • Pengembangan adalah aktivitas yang bertujuan untuk mengubah hasil-hasil dan penemuan yang diperoleh dari riset kedalam bentuk produk,metode, atau proses yang berguna.
  • Desain atau perenacanaan adalah proses mengubah konsep-konsep dan inforamsi menjadi rencana-rencana dan spesifikasi yang terperinci, yang dengannya sebuah produk jadi atau fasilitas tertentu dapat dibuat atau dibangun.
  • Produksi adalah aktivitas industri yang menghasilkan produk-produk jadi dari bahan-bahan mentah melalui proses manufaktur.
  • Konstruksi atau pembangunan adalah proses merubah desain dan bahan-bahan menjadi bangunan-bangunan fasilitas-fasilitas semisal gedung, jalan raya, dan fasilitas-fasilitas telekomunikasi dan daya listrik.
  • Operasi didalam engineering diartikan sebagai penerapan prinsip-prinsip engineering ataupelaksanaan kerja lapangan. Dalam manufaktur, operasi melibatkan kegiatan-kegiatan seperti pembelian bahan-bahan mentah, pemeliharaan pabrik dan pengarahan serta pengawasan buruh. Para insinyur berperan penting dalam menjalankan aktivitas operasi di perusahaan-perusahaan fasilitas pabrik (listrik dan sebagainya), perkeretan api, telekomunikasi, dan dalam menangani sistem-sistem pengendalian lalu lintas dikota-kota besar AS.
  • Penjualan didalam industri berbasis teknologi sering kali melibatkan jasa para insinyur terlatih untuk merekomendasikan mesin-mesin peralatan, suku cadang, atau layanan-layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Manajemen dibanyank perusahaan di berbagai industri dipegang dan dikendalikan oleh para insinyur. Secara umuum, para insinyur ini bertanggung jawab memecahkan masalah-masalah kebijakan,keuangan, orrganisasi dan SDM, humas, dan pemesanan serta penjualan.

 

  • Tanggung Jawab Sales Engineering
  • Bertugas untuk memberikan solusi terhadap masalah atau kebutuhan customer secara teknikal.
  • Mempresentasikan produk atau solusi sesuai kebutuhan customer.
  • Menjawab RFP (Request For Proposal) apakah comply antara kebutuhan customer dengan produk yang dimiliki.
  • Mendrive customer untuk menggunakan produk yang dimiliki, bahkan bila kebutuhan belum terpikirkan oleh customer.

 

  • Contoh Sales Engineering
  • Allen Bradley

Sales Engineer untuk Produk Allen BradleyDrive. Keahlian dalam memaparkan spesifikasi kehebatan Drive motor sebagai inferter dan soft starter suatu motor/servo, bagimana dia menjelaskan gambaran grafik tegangannya.

 

Kelebihan PLC Allen Bradley yang tidak di miliki oleh PLC lain adalah:

}  Program Logic PLC Allen Bradley terkenal dengan sistem yang User Friendly (mudah digunakan)

}  Adanya sistem security berupa SIL (Safety Integrity Level) sampai dengan level 3 (SIL 3), dimana tidak hanya Hardware saja yang menggunakan SIL, tetapi sampai dengan software RS Logic nya.

}  Adanya sistem Removing and Inserting Under Power (RIUP), yaitu memungkinkan mengganti modul PLC tanpa harus mematikan powernya dan tidak memerlukan dilakukan setting dari awal.

}  Khusus PLC Control Logic, sistem Redundant 100%, artinya adalah jika salah satu modul, processor, power supplay, communication yang error atau rusak, secara otomatis akan berlaku sistem redundant dan secara realtime.

 

  • Contoh Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang Sales Engineering
  1. PT Miranila Abadi
  2. PT Infiltraco Murni
  3. PT Transavia Otomasi Pratama
  4. PT Aman Tirta
  5. dll

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s